Senin, 18 November 2013

unsur pendidikan dan pendidikan sebagai sisitem



B.  UNSUR-UNSUR PENDIDIKAN
Ø  Proses  pendidikan meliputi banyak hal, yaitu :
Ø  Subyek yang dibimbing (peserta didik)
Ø  Orang yang membimbing (pendidik)
Ø  Interaksi antara peserta didik  dengan pendidik (interaksi Edukatif)
Ø  Kearah mana bimbingan ditujukan (tujuan pendidikan).
Ø  Pengaruh yang diberikan dalam bimbingan (materi pendidikan).
Ø  Cara yang digunakan dalam bimbingan (alat dan metode)
Ø  Tempat di mana peristiwa bimbingan berlangsung (lingkungan pendidikan)
  1. Peserta didik
                Ciri khas peserta didik yang perlu dipahami oleh pendidik ialah :
1.       Individu yang memiliki potensi fisik dan psikis yang  khas , sehingga merupakan insan yang unik
2.        Individu yang sedang berkembang
3.        Individu yang membutuhkan bimbingan individual dan perlakuan manusiawi
4.        Individu yang memiliki kemampuan untuk mandiri.
  1. Pendidik
      Yang dimaksud dengan pendidik orang yang bertanggung jawab terhadap pelaksanaan pendidikan dengan sasaran peserta didik.
  1. Interaksi Edukatif antara peserta didik dengan pendidik
       Interaksi edukatif pada dasarnya kemampuan timbal balik  antara peserta didik dengan pendidik yang mengarah pada tujuan pendidikan.
  1. Materi / Isi Pendidikan
      Dalam sistem pendidikan persekolahan materi telah diramu  dalam kurikulum yang akan disajikan sebagai sarana pencapaian tujuan.
  1. Konteks yang mempengaruhi pendidikan
1.       Alat dan Metode
2.        Tempat peristiwa  bimbingan berlangsung/Lingkungan

          C. PENDIDIKAN SEBAGAI SISTEM
          Pengertian Sistem
  Sistem adalah suatu kebulatan keseluruhan yang kompleks atau terorganisir
  Sistem merupakan komponen-komponen yang saling berkaitan yang bersama-sama berfungsi untuk mencapai suatu tujuan.
  Sistem merupakan sehimpunan komponen atau sub sistem yang terorganisasikan dan berkaitan sesuai dengan rencana untuk mencapai suatu tujuan tertentu.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar