B.
UNSUR-UNSUR PENDIDIKAN
Ø
Proses
pendidikan meliputi banyak hal, yaitu :
Ø
Subyek yang dibimbing (peserta didik)
Ø
Orang yang membimbing (pendidik)
Ø
Interaksi antara peserta didik dengan pendidik (interaksi Edukatif)
Ø
Kearah mana bimbingan ditujukan (tujuan
pendidikan).
Ø
Pengaruh yang diberikan dalam bimbingan (materi
pendidikan).
Ø
Cara yang digunakan dalam bimbingan (alat dan
metode)
Ø
Tempat di mana peristiwa bimbingan berlangsung
(lingkungan pendidikan)
- Peserta didik
Ciri
khas peserta didik yang perlu dipahami oleh pendidik ialah :
1.
Individu yang memiliki potensi fisik dan psikis
yang khas , sehingga merupakan insan
yang unik
2.
Individu yang
sedang berkembang
3.
Individu
yang membutuhkan bimbingan individual dan perlakuan manusiawi
4.
Individu
yang memiliki kemampuan untuk mandiri.
- Pendidik
Yang dimaksud dengan pendidik orang yang bertanggung jawab terhadap
pelaksanaan pendidikan dengan sasaran peserta didik.
- Interaksi Edukatif antara peserta didik dengan pendidik
Interaksi edukatif pada dasarnya kemampuan timbal balik antara peserta didik dengan pendidik yang
mengarah pada tujuan pendidikan.
- Materi / Isi Pendidikan
Dalam sistem pendidikan persekolahan materi telah diramu dalam kurikulum yang akan disajikan sebagai
sarana pencapaian tujuan.
- Konteks yang mempengaruhi pendidikan
1.
Alat dan Metode
2.
Tempat
peristiwa bimbingan berlangsung/Lingkungan
C. PENDIDIKAN SEBAGAI SISTEM
Pengertian Sistem
Sistem adalah
suatu kebulatan keseluruhan yang kompleks atau terorganisir
Sistem merupakan komponen-komponen yang
saling berkaitan yang bersama-sama berfungsi untuk mencapai suatu tujuan.
Sistem
merupakan sehimpunan komponen atau sub sistem yang terorganisasikan dan
berkaitan sesuai dengan rencana untuk mencapai suatu tujuan tertentu.
Tidak ada komentar:
Posting Komentar